Kamis, 04 September 2014

APA ITU UBUNTU ?

Ubuntu adalah sebuah sistem operasi (OS) yang berasal dari kalangan Linux/ Unix, bersifat open source yang artinya pengguna OS ubuntu tidak dikenakan biaya sepeser pun untuk mendownload dan menggunakan OS tersebut. Nama ubuntu berasal dari afrika selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama", jika diamati pada logo ubuntu anda akan melihat seperti ada 3 orang melingkar dan berpegangan tangan.




Sebelum mengulas labih jauh ke Ubuntu, diatas dijelaskan Ubuntu berasal dari kalangan Linux secara singkat akan saya jelaskan apa itu Linux, mungkin jika berkesempatan akan saya bahas dalam postingan esok hari. Jadi Linux adalah sistem operasi yang di temukan oleh Prof. Linus Torvalds, Linus Torvlads membuat Linux karena beliau tidak terima dengan OS pertama yang dia gunakan di dunia pendidikanya dimana penggunanya harus membayar untuk menggunakan OS tersebut, OS tersebut bernama UNIX. OS zaman dahulu sangat berbeda dengan sekarang, dahulu tampilan OS hanya menggunakan tulisan. Namun sekarang sudah menggunakan Desktop Grafis.


Dalam perkembangan selanjutnya kita patut berterimakasih kepada penemu Linux ini karena dia membagikan OS tersebut secara cuma-cuma dan dapat dikembangkan oleh individu (open source). Dalam perkembanganya sekarang ini sudah ada banyak sekali OS Linux selain ubuntu, seperti : Linux Mint, Debian, Gentoo Linux, Fedora, Dll. Namun juga tidak semua OS berbasis Linux bersifat open source seperti RedHat, karena RedHat dikembangkan oleh perusahaan dan memiliki sistem keamanan dan bug yang tinggal sedikit. Berbeda dengan Linux yang benar-benar opensource, OS Linux di opensource kan bukan tanpa tujuan melainkan supaya setiap individu bisa mengembangkan dan bersama-sama menemukan bug, menambal celah-celah keamanan yang masih bisa di bobol.

Kembali ke materi ubuntu, ubuntu dirilis pertama kali pada tanggal 20 Oktober 2004 dengan versi 4.10. Ubuntu sekarang sudah dikembangkan bukan hanya oleh individu-individu yang secara sukarela mengembangkan OS ini namun sekarang sudah dikembangkan oleh sebuuah perusahaan terkenal bernama canonical.Ltd setelah sekian lama berkembang sekarang ubuntu sudah mengeluarkan ubuntu versi 14.04. Ubuntu merupakan OS Linux turunan dari debian, debian sendiri adalah salah satu versi Linux yang sangat canggih.

Teman-teman bisa mencoba untuk menggunakan ubuntu tanpa harus install ubuntu di PC anda, caranya hanya masukan CD boot nya kemudian jalankan. Teman-teman bisa mencoba terlebih dahulu menggunakan OS ini tanpa harus install, enak kan?. Sekian bahasan kali ini, terimakasih.

0 komentar:

Posting Komentar