Selasa, 23 Desember 2014

Install Aplikasi

Selamat malam sepertinya sudah lama semenjak saya membuat postingan terakhir, ya maklum banyak tugas. Namun sekarang saya akan menyajikan postingan berbau linux, karena postingan terakhir masih menginstall Linux ubuntu Desktop jadi tidak perlu repot-repot untuk terlalu sering melakukan perintah sederhana seperti copy-paste file, membuat file baru, menghapus, mengganti nama file menggunakan terminal tinggal gunakan fitur "klik kanan" yang sudah tersedia.

Namun untuk menginstall sebuah aplikasi kita terpaksa menggunakan terminal tapi jika menggunakan ubuntu maka tak perlu repot jika ingin install aplikasi tinggal menggunakan Ubuntu Software Center. 

Ubuntu Software Center
Ketikan program-program yang ingin diinstall di kolom pencarian--pilih aplikasi---install. Syarat menggunakan aplikasi Ubuntu Software Center adalah user harus terkoneksi ke Internet. Ya itulah beberapa kekurangan menggunakan Linux kalau yang memiliki koneksi internet no problem, tapi yang ndak gimana? tenang saja ada cara offline tapi membutuhkan CD. CD yang software-software khusus Linux tentunnya, ulasanya akan saya bahas dilain waktu. Sekarang kita coba melakukan instalasi program melalui terminal.

Tampilan terminal

Buka terminal kemudian ketikan : sudo apt-get install (nama aplikasi).
Ket :
-sudo : mengeksekusi perintah sebagai user admin
-apt-get install : melakukan installasi program
-nama aplikasi : ya nama aplikasi yang ingin diinstall (tidak semua aplikasi ada)

Namun tidak semua aplikasi menginstallnya melulu seperti itu beberapa software yang tidak terdaftar secara resmi di repository ubuntu server memiliki langkah yang berbeda dalam proses penginstallanya, anda dapat melihat repository apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan installasi dengan menggunakan Synaptic Package Manager.

Synaptic Package Manager
Ketikkan program apa yang ingin diinstall di Quick Filter kemudian tekan Search. Pada gambar Synaptic Package Manager tersebut dicontohkan akan menginstall mozilla, kemudian klik pada mozilla-- klik kanan pilih markup for installation--- apply (tanda centang diatas). 


Bahagialah anda yang memiliki koneksi internet karena anda tinggal mengetikkan perintah diatas. Selamat mencoba...



0 komentar:

Posting Komentar